Minggu, 02 Juli 2017

2.2.13 Pembinan teknis pengolahan/penanganan pasca panen tanaman hortikultura

Tanaman Hortikultura Beserta Contohnya


Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tanaman hortikultura itu ? pengertian dari tanaman hortikultura adalah  tanaman yang dibudidayakan di kebun. Karena kata hortikultura sendiri dari bahasa latin yaitu hortus yang berarti tanaman kebun dan cultura atau colere yang berarti budidaya.
Maka dari itulah di maknai sebagai cara budidaya tanaman di kebun. Biasanya budidaya tanaman hortikultura ini lebih kepada budidaya tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman bunga, dan tanaman obat obatan. Ya, keempat inilah yang biasanya dibudidayakan.
gambar buah mangga budidaya tanaman hortikultura

Contoh budidaya tanaman hortikulturaSejatinya ada 4 kelompok tanaman hortikultura yang biasanya dibudidayakan :

Buah buahanTanaman buah yang termasuk dalam tanaman hortikultura yang biasa dibudidayakan adalah tanaman jeruk, pisang, mangga, anggur, papaya, nanas, jambu.
 Obat – obatanJenis tanaman obat – obatan yang termasuk dalam tanaman hortikultura atau bisa disebut dengan apotik hidup adalah lengkuas, jahe, kumis kucing, kapulaga dan kunyit.

SayuranYang termasuk dalam kategori sayuran ini adalah kangkung, wortel, bayam, kubis, dan masih banyak yang lainnya.

Tanaman HiasUntuk tanaman hias ini biasanya atau kebanyakan adalah tanaman bunga. Seperti anggrek bulan, bunga tulip, bunga mawar, melati dan masih banyak tanaman hias yang lainnya.

Langkah – langkah dalam melakukan budidaya tanaman hortikultura
Perawatan TanamanUntuk tanaman hortikultura yang bertipe batang keras seperti tanaman buah – buahan yang berbuah musiman atau tahunan maka ada 3 bagian dalam melakukan perawatannya, yaitu perawatan seblum berbuah, lalu waktu berbuah dan setelah berbuah.

Sebelum berbuah, perawatan sebelum berbuah ini biasanya meliputi dari pembersihan dari gulma gulma, pembersihan rumput disekitar tanaman, melakukan penyiraman, pemupukan, dan pengendalian dari penyakit dan juga hama. Saat melakukan perawatan ini jangan sampai ada akar ataupun batang yang terluka. Karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman, kalaupun ada batang yang terluka sebisa mungkin untuk menutupi luka itu dengan lilin ataupun plastic agar tidak bisa dimasuki oleh penyakit.

Perawatan waktu berbuah. Sebenarnya hampir sama sih dengan cara perawatan sebelum tanaman berbuah yang membedakan adalah pada waktu berbuah ini tidak perlu dilakukan pemupukan karena nanti akan menganggu tanaman. Lebih baik untuk membersihkan gulma gulma dan penyakit. kalaupun memang ingin diberi pupuk, beri pupuk yang memiliki unsure K nya lebih tinggi.

Perawatan Setelah berbuah. Sama juga dengan perawatan yang dilakukan sebelum berbuah tetapi ada tambahan yaitu bekas tangkai yang telah berbuah sebisa mungkin untuk dipatahkan atau dipotong agar tanaman dapat tumbuh lagi. Lalu ranting rantingnya juga perlu untuk dibersihkan.

Pemupukan tanamanUntuk melakukan pemupukan ini harus tanah yang disekitar tanaman tersebut dalam kondisi basah. Agar tanaman mudah dalam mengadaptasikan pupuk dengan tanahnya. Untuk jenis pupuknya bisa pupuk N, pupuk P maupun pupuk K dan jangan lupa untuk menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos.

Pengendalian hama dan penyakitUntuk melakukan pengendalian hama ini setiap saat dari awal penanaman sampai besar. biasanya dengan memberi cairan insektisida butiran di usia tanaman hortikultura belum berbuah. Dan jangan lakukan penyemprotan insektisida saat masa masa tanaman tersebut berbuah. Karena takutnya nanti zat dari insektisida ada yang masuk kedalam buah dari tanaman tersebut.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Tambahan - Tanaman Tahunan

Pedoman teknis budidaya kakao from Andrew Gates Pembibitan cengkeh from Andrew Gates Perkebunan budidaya kopi f...